Jumat, 12 Juli 2013

Tidak Hanya Untuk Bayi, ASI Juga Bermanfaat Untuk Orang Dewasa



Air Susu Ibu atau ASI adalah makanan utama untuk bayi. Bagaimana tidak, tiap tetesnya memiliki kandungan mineral, enzim dan komponen lain yang berguna dibandingkan dengan susu formula sekali pun. Namun banyak yang tidak tahu bahwa  ASI juga memberikan manfaat kesehatan untuk orang dewasa.

Berikut beberapa manfaat asi untuk orang dewasa:

1. Obat Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari swedia, menunjukkan ukuran dari tumor kantung kemih bisa berkurang dalam 5 hari setelah pasien disuntikan dengan komposisi ASI.

Tim dari universitas gothenburg menemukan adanya sifat antibiotik pada ASI saat seorang peneliti menyadari bahwa kanker paru-paru sel didalam sebuah tabung reaksi mati sesudah kontak dengan ASI.

2. Obat Diabetes Serta Parkinson

Para ilmuwan juga meneliti potensi stem cell ( sel induk ) ASI didalam periode panjang untuk menyembuhkan kondisi seperti cedera sumsum tulang, diabetes serta penyakit parkinson. Sel induk merupakan salah satu penemuan yang menarik didalam penyembuhan ini, mereka luar biasa karena mempunyai kemampuan untuk berkembang jadi banyak jenis sel yang berbeda, serta bisa memperbaiki sistem internal didalam tubuh.

3. Obat Diare

Diare kronis membunuh hingga 2, 2 juta orang di dunia setiap tahunnya, kebanyakan yaitu anak-anak dari negara berkembang. Para ilmuwan lakukan tes pada anak yang mengidap diare dengan memberikan komponen didalam ASI yang disebut lysozyme serta lactoferrin, serta sudah terbukti bukan sekedar menjadi obat yang efektif, tetapi juga berikan berbagai jenis perlindungan pada tubuh.

4. Obat Radang Sendi

ASI memiliki kandungan lactoferrin, yang bisa membantu mencegah sistem imun berlebih pada bayi. Ini bisa menjadi perawatan yang baik untuk kondisi autoimun, seperti sendi rematik, multiple sclerosis serta shock septik.

5. Demensia

Di italia, studi yang sedang berlangsung untuk melihat apakah molekul ASI yang disebut glyerophosphocholine ( GPC ) bisa memperbaiki fungsi mental pada orang dewasa dengan demensia atau pengidap stroke serta cedera otak traumatik.

Pada penelitian terpisah, GPC juga menunjukkan bisa memperbaiki daya ingat, perhatian serta orientasi pada orang dengan berbagai macam demensia, termasuk alzheimer. ASI bekerja seperti nutrisi otak, memberikan makanan terbanyak pada sel yang paling membutuhkan didalam tubuh kita, seperti sel otak.

6. Obat Jerawat

Mahasiswa sains di universitas california baru-baru ini menemukan bahwa lauric acid didalam ASI mengurangi iritasi, bintik, serta sudah menghasilkan sebuah cream jerawat melalui percobaan klinis. Karena ASI merupakan sumber yang sulit, peneliti berupaya untuk mengembangkan sumber baru.

7. Obat Penyakit Imun

ASI mempunyai histori yang panjang didalam dunia kesehatan. Mesir kuno memakainya sebagai obat, mencampurkannya dengan madu. Pada tahun 60-an, albert sabin, penemu vaksin oral polio, lakukan studi yang menunjukkan tikus yang mengidap polio bisa pulih saat diberikan air susu manusia.

Saat ini, sebagian pasien yang menderita penyakit imunologi ( seperti HIV, leukimia atau hepatitis ) atau yang terima terapi apa pun yang kurangi sistem imun, seperti kemoterapi, sudah meminum ASI dengan harapan ASI tersebut bisa mengobati orang dewasa, layaknya ASI mengobati bayi yang sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms