Jumat, 26 Juli 2013

Benarkah Hand Sanitizer Bisa Menggantikan Cuci Tangan?

Sekarang ini ada beragam jenis hand sanitizer yang dijual di pasaran. Tidak heran disetiap tas yang dibawa, senantiasa bergantung pada benda mungil itu. Apakah hand sanitizer dapat menggantikan aktivitas cuci tangan dengan air ?

"Hand sanitizer itu dipakai untuk keadaan mendadak. Cuci tangan yang baik ya dengan air mengalir. Bukan hanya dengan hand sanitizer yang jadi trend itu," tutur dr. Leo Indarwahono.

Dr. Leo juga mengatakan bahwa dengan cuci tangan memakai hand sanitizer tidak bisa membuat kuman hilang dari tangan, tetapi hanya membuat kuman pingsan. Hal seperti inilah yang dirasa kurang memberikan kebersihan pada tangan.

"Hand sanitizer itu cuma membunuh kuman, namun belum tentu semuanya mati. Ada kemungkinan yang pingsan. Kalau dengan air dan sabun kuman baru dapat betul-betul hilang dari tangan. Hand sanitizer beleh dipakai, namun disaat mendadak saja, dan sesudah cuci tangan lebih baik," tutur dr. Leo.

Cuci tangan yang baik yaitu dengan cuci tangan memakai air serta sabun selama 10 detik. Supaya kuman betul-betul mati," tambah dr. Leo.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms