Kamis, 25 Juli 2013

IQ Anak Ditentukan Oleh Berat Badan Ibu Sebelum Hamil

Satu lagi alasan untuk menjaga berat badan ideal yaitu untuk kecerdasan anak, terutama bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Penelitian membuktikan, berat badan ibu sebelum saat hamil bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan anak.

Penelitian yang dimuat didalam Jurnal Pediatrics tersebut menunjukkan bahwa ibu yang mempunyai kelebihan berat badan lebih condong melahirkan anak dengan intelligence quotient ( IQ ) lebih rendah di banding yang lain. Berat badan yang dimaksud diukur sebelum saat si ibu hamil.

Emre Basatemur dari University College London telah melakukan penelitian tersebut membuktikannya waktu mengamati hampir 20. 000 anak-anak di Inggris. Tingkat kecerdasan partisipan dinilai dari tes spesifik pada umur 5 serta 7 tahun.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa adanya hubungan dengan riwayat Indeks Massa Tubuh ( IMT ) atau perbandingan berat badan serta tinggi badan ibunya sebelum hamil. Setiap peningkatan 10 poin IMT pada ibu, IQ anaknya teramati rata-rata 1, 5 poin lebih rendah.

Sederhananya, semakin gemuk tubuh ibu sebelum hamil maka saat hamil anaknya cenderung akan mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih rendah. Kecenderungan ini tetap berlaku meski sudah disesuaikan dengan berbagai factor seperti gizi, umur dan lainnya.

Walau demikian, penyebab pastinya belum diketahui. Diduga, faktor kegemukan membuat ibu sulit hamil sehingga saat bisa hamilpun perkembangan otak anak mengalami gangguan dan itu sebabnya tingkat kecerdasan anak tidak bisa seoptimal anak yang lahir dari ibu dengan berat badan ideal.

Adanya keterikatan antara berat badan ibu dengan IQ anak yang teramati didalam penelitian ini bisa jadi alasan untuk mengikuti saran, untuk mengurangi kegemukan pada wanita usia subur, kata Basatemur.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms