Jumat, 19 Juli 2013

Kisah Bayi Yang Lahir Hampir Seukuran Pulpen


Portsmouth, Annabel Hately terlahir dengan ukuran amat kecil, nyaris sebanding dengan pulpen hingga dokter mengatakan cuma sedikit harapan baginya untuk hidup. Walau demikian, nyatanya saat ini annabel dapat bertahan hidup sampai usianya menginjak 1 tahun. Bagaimana kisahnya ?

Waktu dilahirkan saat usianya didalam kandungan menginjak 24 minggu, Annabel lahir dengan bobot 0, 6 kg pada juli 2012. Bahkan waktu mengandung 20 minggu, sang ibu, Rachael Hately ( 40 ) harus menggugurkan bayinya bila beratnya tidak mencapai 0, 4 kg.

Waktu itu, dokter mengatakan pada rachael dan suaminya bahwa ia mengandung anak perempuan serta harus lakukan perhitungan. Rumah sakit mengatakan pada kami dia tidak tumbuh layaknya bayi biasanya, tubuhnya juga amat kecil, papar Rachael.

Rachael mengatakan waktu itu ia harus melakukan check tiap minggu karena plasentanya tidak dapat memberikan makan bayi yang ia kandung dengan benar. Bila berat annabel tidak sampai 0, 4 kg maka peluang dia bertahan hidup cuma sedikit.

Saya bertanya kepada konsultan adakah yang dapat saya lakukan dan dia katakan tak ada, tutur wanita yang berdomisili di Portsmouth, Hampshire.

Di rumah, Rachael membaca forum online dimana ada seorang ibu yang bernasib sama dengannya. Supaya berat bayi dapat bertambah, ibu butuh makan lebih banyak protein serta makanan sehat yang lain.

Sejak waktu itu, Rachael menambah asupan protein didalam makanannya. Walau demikian, berat Annabel tetap tidak cukup. Rachael yang berprofesi sebagai peneliti NHS ini akhirnya melahirkan 3 bulan lebih awal melalui operasi caesar sesudah Annabel dinyatakan berhenti tumbuh didalam rahim.

Annabel berada di Unit Perawatan Intensif Neonatal selama 8 minggu hingga beratnya mencapai 1, 4 kg. Menurut Rachael, orang-orang tidak percaya perkembangan Annabel yang telah menginjak usia 1 tahun.

Ukuran pakaiannya sama dengan anak 9 bulan meskipun umurnya 1 tahun. Walau tertinggal 3 bulan untuk ukuran anak seumurannya, dia perlahan akan menyusul, kata Rachael.

Ia sangat berterima kasih pada semua orang yang sudah membantu merawat annabel, terutama petugas rumah sakit.

Konsultan Neonatologist di Queen Alexandra Hospital, Cosham, Portsmouth, dr. Charlotte Groves mengatakan suatu hal yang indah melihat Annabel dapat berkembang setelah ia lahir prematur. Hal yang menyenangkan waktu orang tua dapat mempercayai perawatan kami di Unit Perawatan Intensif Neonatal karena ada beberapa orang tua yang justru stres saat anaknya dirawat di sana, kata Groves.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms