Kamis, 18 Juli 2013

Segelas Air Putih Untuk Mempertajam Konsentrasi



Otak lemot bukan hanya bawaan dari bayi namun hanya karena kondisi biologis tertentu yang menyebabkan otak bekerja dengan lambat misalnya lapar atau haus. Tetapi sebuah studi menemukan bila otak mendadak lemot, minum segelas air putih bisa menjadi solusi terbaik.

Tim peneliti dari University of East London yakin bahwa kelemotan otak seseorang bisa tampak dengan jelas saat ia merasa haus. Namun sekali rasa haus itu hilang dengan minum air putih maka otaknya dapat fokus dengan pekerjaan yang sedang ia kerjakan. Untuk itu peneliti menjelaskan minum air putih bisa mempertajam pikiran seseorang.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti lakukan percobaan pada 34 pria serta wanita yang diminta merampungkan sejumlah tes mental sebanyak 2 x ; satu kali sesudah sarapan sereal serta satu kali lagi sesudah minum sebotol air selepas makan sereal.

Tidak satupun partisipan yang makan atau minum pada malam sebelumnya serta tiap partisipan ditanya seberapa haus mereka di awal eksperimen. Sebagian partisipan yang mengaku tidak haus bisa merespons sama cepatnya waktu menjalani tes kecepatan reaksi, baik dengan bantuan air putih maupun tidak.

Namun partisipan yang merasakan haus segera dapat merespons dengan cepat sesudah minum air, bahkan 14 % lebih cepat dari sebelumnya. Temuan ini dilaporkan didalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience.

Peneliti menduga mengonsumsi air membantu membebaskan sejumlah bagian didalam otak yang sibuk 'memberitahukan' pada tubuh bila mereka memproses sensasi rasa haus atau singkatnya merasa haus.

Jadi tidak ada salahnya untuk mengambil jeda serta minum segelas air saat Anda sedang bekerja keras. tidak cuma air putih, teh serta kopi juga dapat membantu hidrasi Anda, tambah peneliti Caroline Edmonds.

Dr. Edmonds juga menunjukkan studi sebelumnya yang menemukan bahwa anak-anak yang diberi segelas air sebelum mengerjakan tes menghasilkan skor sepertiga lebih baik dari pada yang tidak minum air.

Dari studi terpisah diketahui bahwa tidak memperoleh konsumsi air yang cukup bisa mengakibatkan grey matter (bagian otak yang bertindak mengendalikan otot, persepsi sensorik layaknya melihat serta mendengar, daya ingat, emosi serta cara bicara) berkurang serta membuat seseorang sulit berpikir.

Namun sesudah diberi minum satu-dua gelas air putih, otak partisipan didalam studi tersebut bisa kembali normal dengan cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms