Sabtu, 13 Juli 2013

Metode Persalinan Lotus Birth atau Tanpa Memotong Tali Pusat


Gerakan back to nature juga berlangsung didalam proses persalinan. Sekarang ini sedang popular lotus birth, yaitu proses persalinan alami tanpa memotong tali pusat bayi. Tali pusat dibiarkan lepas secara alamiah.

Tali pusat adalah penghubung antara bayi dengan plasenta ibu. Tali pusat berperan dalam menyalurkan nutrisi penting dan oksigen dari ibu ke janin. Sesudah persalinan, rata-rata, plasenta serta tali pusat terlepas dengan sendirinya dari tubuh ibu dalam kurun waktu 3-4 hari.

Para penganjur lotus birth mengatakan pemotongan tali pusat didalam proses persalinan akan menghentikan penyaluran darah serta oksigen dari plasenta yang sebenarnya masih berlangsung walau bayi telah dilahirkan.

Pengajar bidan yang aktif menyebarkan lotus birth, Mary Ceallaigh mengatakan, ibu serta bayi akan memperoleh manfaat lebih besar dengan metode ini, terlebih didalam hal bonding. Mengganggu proses alami tersebut dapat mengakibatkan problem, baik yang tampak atau belum tampak, tuturnya.

Pemotongan tali pusat sebelum waktunya terlepas, dijelaskan bisa beresiko bagi bayi yang baru lahir karena mereka 2 x lebih rawan terkena infeksi.

Ceallaigh menambahkan, sistem imun bayi akan alami tantangan yang besar waktu baru dilahirkan. Membiarkan tali pusat lepas secara alamiah akan melindungi volume darah bayi sehingga membantu mencegah penyakit di periode mendatang.

Dari lebih kurang 100 kelahiran normal yang telah dibantu oleh Ceallaigh, 5 % diantaranya memakai metode lotus birth. "Untuk mereka yang sudah mempersiapkannya, hal itu jadi bagian termudah dari melahirkan", tegasnya.

Pada tahun 2010, para peneliti dari University of South Florida menyebutkan, pemotongan tali pusat lebih awal dapat mengganggu penyaluran darah dari ibu ke bayinya. Studi ini dipublikasi didalam The Journal of Cellular and Molecular Medicine.

"Beberapa studi klinis sudah menunjukkan bahwa penundaan pemotongan tali pusat bukan sekedar memberikan lebih banyak darah yang bisa disalurkan, namun juga membantu mencegah anemia, tutur ketua studi dr. Paul R. Sanberg

"Darah sumsum tulang belakang juga memiliki kandungan banyak sel punca yang berharga. Sehingga penyaluran darah dapat menjadi penyaluran sel punca yang alami," tambahnya.

Di indonesia, telah cukup banyak rumah sakit atau klinik bersalin yang mengaplikasikan metode lotus birth. Sesudah persalinan, tali pusat akan dibiarkan tersambung dengan plasenta yang diletakkan didalam wadah khusus di samping bayi.

Waktu bayi mandi, plasenta juga mesti dibersihkan lalu dikeringkan. Yang agak merepotkan, waktu menggendong bayi, plasenta juga mesti ikut digendong, tetapi diletakkan di tas khusus. Namun demikian, para ibu yang lakukan metode ini meyakini manfaat yang dapat diperoleh bayinya di masa depan semakin besar di banding kerepotan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms