Jumat, 12 Juli 2013

Bayi Terlahir Dalam Ketuban Yang Masih Utuh


Saat masih berada dalam kandungan, bayi berada di dalam kantung yang diisi cairan ketuban. Kantung ini akan pecah waktu menjelang persalinan. Pada kasus yang sangat jarang, bayi dapat dilahirkan dengan kantung ketuban yang tetap utuh.

Kasus ini baru saja berlangsung di yunani. Melalui bedah cesar, dokter kandungan bernama Aris Tsigris berhasil menolong persalinan bayi yang masih berenang didalam kantung ketuban. Menurut istilah kedokteran, kelahiran macam ini disebut en caul atau terselubung.

Dr. Tsigiris adalah dokter kandungan yang berpraktik di marousi, bagian timur laut kota athena. Dia mengatakan bahwa kelahiran seperti ini sangat jarang ditemui dan lebih sering pada bayi yang dilahirkan prematur. Diperkirakan, tidak sampai 1 dari 80. 000 bayi dilahirkan dengan en caul.

Berdasar sebuah penelitian di tahun 2010, kelahiran en caul diduga membantu untuk melindungi bayi prematur yang masih rapuh dari tekanan didalam rahim. Sebagai orang yang menolong persalinan bayi tersebut, dr. Tsigiris merasa kagum waktu melihat bayi yang masih terbungkus kantung ketuban.

Walau dilahirkan didalam gelembung berisi cairan, keselamatan bayi tidak akan terancam sebab sejak didalam kandungan bayi juga mengalami hal yang sama. Dr. Tsigiris menjelaskan, bayi tersebut tidak berisiko tenggelam sebab plasenta terus memberikan makan nutrisi serta oksigen melalui tali pusat.

Namun bayi tersebut tidak dibiarkan lama berenang didalam cairan ketuban sesudah dilahirkan. Dia segera menghirup napas pertamanya sesudah kantung ketuban dipecahkan melalui tehnik bedah sederhana yang disebut amniotomi, yakni mengait membran kantung supaya terbuka.

Pada abad pertengahan di eropa, bayi yang lahir dengan kondisi yang sama kerap diasosiasikan dengan hal yang berbau mistis atau tanda-tanda kebesaran. Bidan yang menolong persalinan sering memberikan kantung empedu bayi pada ibunya supaya disimpan sebagai pusaka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms