Kamis, 11 Juli 2013

Lagu Nina Bobo Bisa Menjadi Obat dan Terapi Sang Anak



Praktik meninabobokan bayi tampaknya jarang ditemui akhir-akhir ini, terlebih di perkotaan. Barangkali perihal itu karena orang tua yang sibuk serta tidak mempunyai waktu. Walau sebenarnya penelitian menemukan bahwa menyanyikan lagu pengantar tidur sangat berguna untuk bayi.

Biasanya bayi prematur mempunyai berat badan lahir rendah hingga butuh dirawat dengan intensif di rumah sakit, setidaknya hingga berat badannya ideal, yakni lebih kurang 2, 5 - 3 kg. Nah, mendengarkan lagu pengantar tidur bisa membantu bayi supaya bisa makan serta tidur dengan lebih tenang.

Memainkan musik yang menenangkan pada bayi baru lahir juga bisa membantu memperlambat detak jantungnya dan peningkatan mutu tidur serta perilaku makan dapat membantu bayi-bayi ini untuk meningkat berat badannya. Dan hasilnya, mereka dapat lebih cepat meninggalkan rumah sakit.

Tidak cuma itu, peneliti di New York-Presbyterian Phyllis serta David Komansky Centre for Childrens Health juga mendapatkan bahwa beragam jenis musik mempunyai efek tidak sama. Lagu nina bobo yang dinyanyikan oleh orang tua bisa mempengaruhi fungsi jantung serta pernafasan bayi, sementara melodi mempunyai efek positif pada pemberian ASI.

Pada penelitian sebelumnya dari Florida STATE university menemukan bahwa bayi yang diberi terapi musik lebih cepat meninggalkan rumah sakit dari pada yang tidak. Penelitian lain dari Beth Israel Medical Centre di New York mengungkap bahwa bayi yang mendengarkan lagu nina bobo yang dipilih oleh orang tuanya bisa meningkatkan ikatan pada anak serta orang tuanya.

Selain bermanfaat untuk bayi, musik yang dimainkan di unit perawatan intensif neonatal juga dapat menurunkan secara drastis tingkat stres orang tua.

Saat ini, lebih dari 24 rumah sakit di AS tawarkan terapi musik sebagai penyembuhan di unit perawatan intensif neonatal. Popularitasnya pun meningkat cepat. Nada musik yang menenangkan bisa meniru suara bayi yang didengar didalam rahim, hingga membuatnya nyaman.

Penelitian yang dilakukankan di University of Alberta, Kanada tahun 2009 mengungkap bahwa memainkan musik untuk bayi prematur juga bisa kurangi rasa nyerinya. Memainkan musik secara langsung, musik klasik maupun suara penyanyi wanita bisa turunkan rasa nyeri pada bayi prematur.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms