Rabu, 10 Juli 2013

Jangan Sembarangan Cium Wajah Bayi Sebelum 4 Bulan



Lihat bayi baru lahir yang lucu siapa yang tahan tidak menyentuh pipi atau mencium wajahnya. Walau sebenarnya, saat bayi belum genap berumur 4 bulan tetap amat rentan pada kuman jadi janganlah cium sembarangan muka bayi yang belum 4 bulan.

Menurut dr Utami Roesli SpA, IBCLC, FABM-SELASI bayi yang baru lahir sampai umur 4 bulan belum mempunyai imunitas yang kuat. Janganlah takut disebut sombong. Kita mesti jaga bayi supaya tidak gampang sakit atau tertular penyakit orang dewasa contohnya saja flu, ungkapnya.

dr Utami menyebutkan disini peran bapak untuk menolong ibu melindungi anaknya supaya lingkungan tidak membuatnya tertular penyakit. Jika ibu yang flu anak tidak tertular sebab ibu yang berikan asi, namun bila ayahnya flu anak dapat mudah tertular. Jadi bapak juga mesti melindungi supaya anak tidak tertular penyakit dari lingkungan sekitarnya, kata dr Utami.

dr Utami amat menyayangkan banyak ibu-ibu yang telah membawa bayinya berjalan-jalan ke mall walau sebenarnya itu berisiko mengakibatkan penyakit pada bayi. Awalannya flu, namun kuman dari flu itu dapat menjalar sampai ke otak, tegasnya.

Karenanya ia kembali mengingatkan supaya beberapa orangtua tidak membawa anaknya ke lingkungan luar sebelum saat berumur 4 bulan. Sesudah 4 bulan bayi dapat mempunyai sistim imun yang lebih kuat hingga bayi lebih siap menghadapi lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms