Jumat, 27 Desember 2013

Mengusir Batuk Dan Pilek Dengan Cara Menyenangkan

Di musim hujan seperti sekarang ini, batuk dan pilek adalah penyakit yang seringkali menyerang. Selain minum obat ada beberapa cara menyenangkan untuk mengatasinya, yaitu :

1. Pijat
Dipijat oleh orang lain atau hanya memanfaatkan kepalan otot Anda bisa membantu mengurangi hormon stres alias kortisol serta meningkatkan respon imun. Study Cedars-Sinai tahun 2012 menunjukkan orang dewasa sehat yang rutin dipijat ala Swedia selama 5 minggu memiliki peningkatan limfosit yang berguna untuk melawan penyakit.

2. Menonton film lucu
Tertawa bisa memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh, terutama sel darah putih yang disebut sel T dan berasal dari thymus serta sistem kekebalan tubuh. Tertawa dikenal dapat menurunkan tingkat stres sehingga sistem kekebalan tubuh pun terpengaruh. Meski review di Complementary Medicine mengatakan bahwa hubungan kegembiraan dengan kekebalan terkadang masih bersifat tentatif.

3. Berpikir positif
Dengan tetap bersyukur dan berusaha mengambil hikmah dari apa yang Anda alami, dapat memicu koneksi antara kekebalan dan kesenangan. "Terlebih dalam situasi stres jangka pendek, menjaga tubuh tetap optimis dan positif jugu cukup membantu," ujar psikolog Carl Charnetski.

4. Bercinta
Studi dari Wilkes Univeristy, Pennsylvania melaporkan bahwa peserta penelitian yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki imunoglobulin A (antibodi yang menangkal virus flu) lebih banyak dalam air liurnya ketimbang peserta yang jarang berhubungan seks. Beberapa peneliti menjelaskan seks di pagi hari dapat mendorong produksi bahan kimia pengurang stres yang dapat bertahan sepanjang hari.

5. Konsumsi 'pelangi'
Pelangi dalam hal ini adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Menurut para ahli gizi dari Duke University, Beth Reardon, beberapa asupan yang bisa diandalkan adalah blueberry, stroberi, cranberry, kangkung, bit, wortel, dan kol ungu.

6. Tidur lebih awal
Banyak data menunjukkan orang yang jam tidurnya setiap hari kurang dari tujuh jam tiga kali lebih rentan terkena batuk dan pilek. Karena, pada dasarnya tidur justru dapat membakar bahan bakar untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh dan juga memicu seseorang merasa stress.

7. Hang out dengan teman
Hang out bisa sekaligus Anda jadikan ajang berolahraga. Selain mejadikan tubuh bugar, kondisi psikis Anda pun akan berpengaruh karena orang yang kesepian cenderung mempunyai kekebalan tubuh yang rendah. Study dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial luas, akan lebih singkat terkena flu.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms