Sabtu, 28 Desember 2013

Janin Membatu Dalam Kandungan Selama 40 Tahun

Seorang wanita di Kolombia mengalami sakit perut luar biasa. Setelah diperiksa, didalam tubuhnya ada janin yang sudah menjadi batu.
Kasus ini sangat langka dan menyakitkan bagi sang wanita. Ia tak sadar hamil selama 40 tahun hingga janinnya membatu. Wanita berusia 82 tahun yang tidak disebutkan namanya ini mengalami lithopedion atau bayi batu, yakni janin yang tidak berkembang dan berada di luar rahim.
Sang wanita hanya merasakan sakit perut luar biasa. Setelah diperiksa melalui scan, barulah diketahui bahwa wanita tersebut membawa janin yang sudah membatu selama 40 tahun. Saat ini, Ia menjalani operasi untuk mengangkat janin yang sudah tidak bernyawa dan sudah diselimuti jaringan mati.


Hasil foto scan yang menunjukkan janin sudah membatu | Foto: dailymail.co.uk

Dr Kemer Ramirez dari Rumah Sakit Tunjuelito menjelaskan bahwa awalnya dia menduga batu empedu. Tetapi hasil USG tidak menunjukkan tanda-tanda itu. Barulah setelah dilakukan scan pada bagian perut diketahui ada benda asing mirip tumor didalam perutnya. Kasus ini bukan yang pertama kali terjadi. Tercatat hampir sekitar 300 wanita mengalami kasus membawa janin yang sudah membatu dalam tubuhnya.
Kasus pertama lithopedion pertama kali dilaporkan pada seorang wanita Prancis bernama Madame Colombe Chatri, 68 tahun. Pada tahun 1582 otopsi kematiannya menunjukkan bahwa beliau membawa bayi yang tidak berkembang dan sudah membatu didalam perutnya. Diperkirakan, usia janin tersebut sudah 28 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms