Sabtu, 28 Desember 2013

Bentuk-Bentuk Tumbuhan Unik dan Aneh serta Nyata Sepanjang 2013

Berikut bentuk-bentuk tumbuhan unik dan aneh tapi nyata yang telah Tuhan ciptakan : 

1. Anggrek berbentuk bebek
 
Bunga anggrek yang berada di Australia ini sangat mirip dengan bentuk bebek sedang membentangkan sayapnya.
Seperti dilansir dari situs OddityCentral, bunga anggrek yang mempunyai warna dominan ungu ini mempunyai nama latin Caleana Major. Mungkin, nama yang lebih mudah untuk menyebutnya adalah Flying Duck Orchid atau Anggrek Bebek Terbang. Bunga ini biasanya hanya tumbuh di daerah tertentu yang masih liar seperti Australia bagian timur dan selatan. Hal ini karena didalam tanahnya terdapat jamur yang membantunya untuk tumbuh dan tetap hidup.
Bagian bunga yang paling memberikan kesan menyerupai bebek adalah kelopaknya yang berbentuk seperti paruh. Bagian ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangbiakan bunga selanjutnya. Kelopak inilah yang akan membantu para serangga yang hinggap untuk menemukan letak dimana serbuk sari berada. Setelah serangga menemukannya, kelopak yang awalnya turun karena beban tubuh serangga, akan kembali pada bentuk semula.

(c) odditycentral.com

2. Wajah monyet pada bunga anggrek
Bunga anggrek ini memiliki nama latin Dracula Simia. Dinamakan demikian karena bunga tersebut mempunyai bagian yang memanjang dan runcing menyerupai taring drakula. Sedangkan kata 'simia' sendiri berarti monyet. Jadi, bunga anggrek yang mirip drakula dan monyet.
Bau dari bunga ini seperti jeruk yang sudah matang. Jika dilihat dalam jumlah yang banyak, anggrek-anggrek mungil itu akan tampak seperti monyet-monyet imut yang sedang bergerombol.
Dilansir dari situs odditycentral, bunga tersebut hanya dapat ditemukan pada kawasan pegunungan di Ekuador, Kolumbia dan Peru dengan ketinggian sekitar 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Meski demikian, ternyata sudah ada beberapa orang yang bisa menanamnya di pekarangan sendiri.
Bunga anggrek monyet dapat tumbuh kapan saja dan tidak tergantung pada musim. Di tempat asalnya, dapat dipastikan akan menemukan bunga berwajah monyet yang menggemaskan ini.

(c) daizszyxbqbb5.cloudfront.net


3. Mawar hitam
Bunga mawar hitam benar-benar ada dan tumbuh alami di daerah Halfeti, Turki. Bunga ini bisa tumbuh karena daerah ini memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain. Iklimnya juga dipengaruhi oleh sungai Efrat. Perpaduan itulah yang membuat mawar yang tumbuh disana cenderung berwarna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam. Pigmen alami itu bernama anthocyanin, yakni kandungan warna alami yang juga terdapat pada blueberry dan raspberry. Bunga ini biasanya hanya mekar 2 kali dalam setahun selama 15 hari.
Dalam banyak cerita dan mitos, bunga mawar hitam sering dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampire. Ada pula yang mengatakan bahwa bunga mawar hitam adalah simbol cinta mati.

Foto: candan.deviantart.com

Sayangnya, konstruksi bendungan di Halfeti menggusur banyak tanah dan lahan sehingga jumlah bunga ini makin sedikit dan hampir mengalami kepunahan.
Bunga mawar hitam akan mekar dengan warna merah magenta gelap di musim semi dan musim gugur, tetapi warna hitamnya akan pudar saat musim panas.

4. Bunga cantik seperti manusia tanpa busana




Bunga yang unik nan cantik ini memiliki nama Orchis Italica atau Anggrek Italia. Jika dilihat dari jauh, tidak ada yang aneh pada bunga anggrek ini. Tampak gradasi warna ungu dan putih yang begitu cantik. Namun jika dilihat lebih dekat, setiap satuan kelopak bunga membentuk pola yang mirip pria yang tidak memakai baju.  Karena keunikannya, banyak orang menyebut bunga ini dengan nama Hanging Naked Men atau Laki-Laki Yang Tergantung Tanpa Busana.
Jika ingin melihat bunga ini Anda harus berkunjung ke Eropa. Berbeda dengan namanya, Orchis Italica banyak dijumpai di Spanyol bagian selatan. Bunga ini biasanya berwarna gradasi ungu, merah muda dan putih.

Foto: wildnaturespain.blogspot

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms