Sabtu, 03 Agustus 2013

Anda Terbiasa Makan Diselingin Dengan Minum? Kebiasaan Itu Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit lho!

Menyantap makanan memanglah sangat nikmat ditemani dengan segelas minuman yang segar. Banyak dari kita yang punya kebiasaan makan diselingi dengan minum. Barangkali maksudnya supaya tidak gampang tersedak atau mengistirahatkan gigi sesaat untuk mengunyah. Namun tahukah Anda, bahwa sesungguhnya makan itu tidak diperbolehkan diselingi dengan minum ?

Faktanya, minum air saat sedang makan dapat menghambat pencernaan dan kesehatan. Hal ini disebabkan minum saat tengah makan dapat menghambat pencernaan serta meningkatkan insulin lebih cepat. Konselor makrobiotik Shonali Sabherwal mengatakan bahwa meningkatnya insulin ini berpengaruh pada pencernaan. Terlebih apabila Anda menderita diabetes maka risiko penyakit pencernaan ini akan makin tinggi.

Cairan pencernaan yang makin menipis membuat pencernaan makin lambat untuk mencerna makanan yang masuk dalam tubuh. Makin lama makanan dicerna maka organ tubuh akan bekerja lebih keras. Oleh karena itu, sebaiknya minum segelas air putih 2 jam sebelum atau setelah makan supaya pencernaan sehat.

Tak hanya mengakibatkan pencernaan bermasalah, makan diselingi minum juga mengakibatkan asam meningkat serta rasa mulas. Selain itu, minum air waktu makan juga meningkatkan kandungan insulin didalam darah serta membuat tubuh lebih cepat menimbun lemak.

Apabila Anda ingin pencernaan Anda sehat serta tidak terkena penyakit, maka janganlah makan diselingi minum dan berikan jeda antara makan dan minum supaya tidak gampang haus, Shonali memberikan tips supaya jangan makan yang terlampau asin atau pedas karena dapat memancing rasa haus serta ingin minum terus-terusan. Dan yang terakhir, jangan makan dengan terburu-buru supaya makanan tidak tersangkut di tenggorokan, kunyah sampai halus kemudian baru ditelan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms