Senin, 05 Agustus 2013

20 Tahun Lagi, Orang Yang Sudah Meninggal Bisa Dihidupkan Kembali Keesokannya.

Tanpa jampi-jampi atau mantra sihir, seorang dokter dapat mengembalikan nyawa pasien yang telah dinyatakan meninggal. Tehnik ini disebut tehnik resusitasi. Salah seorang pakar menyebutkan, pasien yang sudah tidak bernyawa mungkin dapat dihidupkan kembali esoknya.

Tidak banyak dokter yang mempunyai spesialisasi dalam hal resusitasi. Di antaranya yaitu dr. Sam Parnia yang telah menulis sebuah buku berjudul 'Eerasing Death'. Didalam bukunya, dia menjelaskan bahwa tehnik resusitasi ini dapat mencapai puncaknya dalam waktu 20 tahun ke depan.

"Dengan pengobatan sekarang ini, kita dapat membuat orang hidup kembali dengan kurun waktu 1 atau 2 jam, bahkan lebih lama sesudah jantungnya berhenti berdetak dan mati yang disebabkan gagalnya peredaran darah. Di masa yang akan datang, kita barangkali dapat lebih baik lagi dalam membalikkan kematian," tuturnya.

Bahkan dr. Sam mengatakan, mungkin dalam waktu 20 tahun mendatang, ilmu kedokteran bisa mengembalikan orang yang telah 12 jam atau bahkan 24 jam sesudah dinyatakan meninggal. Sekarang ini, rata-rata pasien serangan jantung yang sukses diresusitasi di AS yaitu 18 %, sedangkan di Inggris 16 %.

Tetapi di tangan dr. Parnia yang berpraktik di New York,AS, kemungkinan pasien yang sukses diresusitasi olehnya lebih kurang 33 - 38 %. Meski tidak semuanya, umumnya pasien yang sukses diselamatkan tersebut tidak mengalami rusaknya saraf sama sekali.

"Anda dapat menyebut ini kebangkitan bila Anda mau. Namun saya masih menyebutnya ilmu pengetahuan resusitasi," tuturnya.

Lebih lanjud lagi, dr. Parnia menyebutkan bahwa umumnya dokter keliru dalam memahami bahwa otak dapat menderita kerusakan besar disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam kurun waktu 3 - 5 menit sesudah jantung berhenti berdenyut. Namun penelitian mendapatkan bahwa sel-sel otak bisa hidup selama berjam-jam sesudah kematian.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms